Situasi Arus Balik Lebaran 2016 H+3

Arus Balik Lebaran 2016 di Tol Brebes Timur
Arus Balik Lebaran 2016 di Tol Brebes Timur

Selamat malam pembaca Blog Mang Namat semua. Dalam postingan kali ini Blog Mang Namat akan memberikan informasi seputar  Arus balik Lebaran Idul Fitri 2016

Situasi Arus Balik Lebaran 2016 di Cileunyi

Situasi arus lalu lintas dari lingkar Nagreg sampai Rancaekek,  arus kendaraan masih dalam keadaan ramai tetapi lancar. Menjelang  Cileunyi di titik pertemuan dua arus lalu lintas dari arah Nagreg dan dari arah Sumedang yang menuju ke pintu masuk Tol Cileunyi dan yang menuju Kota Bandung,  situasi arus lalu lintas masih padat lancar.

Situasi arus balik lebaran di Cileunyi sejak kemarin telah ada peningkatan kendaraan sebesar 30 persen, sedangkan untuk malam Sabtu (8/7/2016) ini telah ada peningkatan sebesar 60 persen. Sebagian besar kendaraan yang memadati jalur Cileunyi masih didominasi oleh sepeda motor.
 
Bila arus lalu lintas padat, maka akan diberlakukan sistem pengalihan arus lalu lintas. Arus lalu lintas yang akan masuk ke Kota Bandung, baik yang lewat Cibiru atau pun melalui tol, arus lalu lintas dibagi dua. Kendaraan yang datang dari Rancaekek yang akan masuk ke kota Bandung melalui Cibiru, arus kendaraan bisa berjalan lurus di perempatan Cileunyi. Tetapi bila mau lewat tol, kendaraan bisa langsung belok kiri menuju pintu tol Cileunyi. Sementara itu, arus lalu lintas dari Sumedang, diharuskan belok kiri ke arah bunderan Rancaekek, dan putar balik, terus menuju ke arah pintu tol Cileunyi atau lurus terus menuju Cibiru.


Situasi Arus Balik Lebaran 2016 di Rajapolah Tasikmalaya

Sementara itu, telah terjadi kemacetan parah di daerah Tasikmalaya. Kemacetan parah terjadi di jalur dari Rajapolah menuju Gentong Ciawi Tasikmalaya. Kemacetan yang terjadi mencapai hingga 10 km. Penyebab kemacetan ini karena adanya pemberlakuan sistem buka tutup. Hal tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan. Setelah melewati jalur Gentong Ciawi, arus lalu lintas sudah lancar kembali. 
 

Situasi Arus Balik Lebaran 2016 di Tol Cipali

Sementara itu, di Tol Cipali hingga hari ini kendaraan yang melakukan arus balik lebaran 2016 terpantau lancar, Seperti yang diungkapkan Kanit PJR Tol Cipali IPTU Heri Pranata meskipun ada titik yang pernah amblas, namun sampai saat ini masih bisa lancar. Sedangkan di Jalur Pantura, Arus balik mulai padat, didominasi kendaraan roda 2, sejak adanya Tol Cipali jalur ini memang lebih banyak digunakan oleh pemudik dengan menggunakan sepeda motor.

Arus Balik Lebaran 2016 di Tol Palimanan
Arus Balik Lebaran 2016 di Tol Palimanan

Arus balik kendaraan dari arah Jawa menuju Jakarta yang menggunakan Tol Cipali mulai mengalami peningkatan. Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Hudaya Arryanto, mengatakan lalu lintas arus balik sudah mulai terlihat peningkatannya sejak Kamis 7 Juni 2016.

Jumlah kendaraan arus balik yang melintas dari Jawa ke Jakarta sejak Kamis hingga hari ini pukul 06.00 WIB, tercatat 24.660 kendaraan.

Hudaya memperkirakan arus balik mulai ramai hari ini. Kondisi saat ini, lalu lintas di Tol Cipali ramai lancar. Antrean kendaraan terjadi di Gerbang Tol Palimanan, namun masih terkendali. 

Situasi Arus Balik Lebaran 2016 di Madiun

Kepadatan yang terjadi di jalur tengah Wilangan hingga Bagor, merupakan wilayah yang menghubungkan Kota Nganjuk dan Madiun. Selain itu, wilayah tersebut merupakan jalur yang selalu dilewati oleh pemudik setiap tahun. Hingga Jumat (8/7/2016) siang, kawasan tersebut juga masih mengalami kemacetan.
 
Arus Balik Lebaran 2016 di Madiun arah Nganjuk
Arus Balik Lebaran 2016 di Madiun arah Nganjuk

"Di wilayah itu ada dua perlintasan kereta dan pasar, sehingga di wilayah itu terjadi penumpukan kendaraan selain karena volume yang meningkat. Selain itu, hari ini sudah mulai terjadi arus balik," ujar AKP Christoper Lebang Kasatlantas Polres Nganjuk.

Situasi Arus Balik Lebaran 2016 di Tol Cikampek

Arus balik lebaran 2016  mulai terlihat di Tol Cikampek. Kondisinya padat merayap terutama di KM 66 pertemuan arus dari Tol Cipali dan Tol Purbaleunyi. “Malam ini mulai terlihat arus balik terutama dari arah Bandung Tol Purbaleunyi yang didominasi pemudik dari wilayah Jawa Barat bagian selatan. Tentunya hal ini cukup positif, karena masyarakat mengatur rencana kepulangan lebih awal sehingga tidak bertumpuk pada hari Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7),” ujar Kapolres Karawang AKBP Andy M. Dicky Pastika Gading saat dihubungi detikcom, Jumat (8/7/2016). Kecepatan kendaraan saat melintas di KM 66 sekitar 30 km/jam. Namun setelah rest area KM 62, kecepatan meningkat menjadi 50 km/jam-60 km/jam. Arus lalu lintas yang lancar juga terpantau di KM 52. “Arus menuju Jakarta masih lancar jaya. Diharapkan masyarakat tetap bersabar di lajurnya masing-masing supaya tidak terjadi tabrakan beruntun,” imbuh Dicky.

Selain itu Polres Karawang juga menyiapkan pemberlakuan buka tutup rest area. Ini dilakukan bila terjadi kemacetan di Tol Cikampek. “Masyarakat tidak perlu resah kepadatan di jalan Tol Cikampek ini tentu berbeda dengan di Brexit dan Tegal karena roda terus berputar. Perlambatan menjelang rest area adalah wajar karena pengguna jalan yang akan keluar ke rest area akan mengambil ancang-ancang dan itu menyebabkan perlambatan,” imbuhnya. Dicky meyakini perjalanan arus balik malam ini di Tol Cikampek masih lancar. “Selain itu suhu tidak sepanas siang hari sehingga nyaman untuk perjalanan,” kata dia.

Demikianlah informasi tentang Situasi Arus balik lebaran 2016 yang dapat dibagikan Blog Mang Namat hari ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk pembaca Blog Mang Namat semua.

Situasi Arus Balik Lebaran 2016 H+3 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugih Nugraha Mukti

3 komentar:

Sugih Nugraha Mukti mengatakan...

Ya. Macet mulai keluar Pekuncen Ajibarang sampe sekarang msh macet. Skrg di SPBU KALISALAK

Sugih Nugraha Mukti mengatakan...

Gara2 rel KA sebidang jadi macet deh. Padahal dari Purwokerto ke Pejagan ada beberapa pintu perlintasan KA sebidang dgn jalan raya.

Sugih Nugraha Mukti mengatakan...

Dari Bumiayu ke arah Linggapura Tonjong Brebes sejauh 8,5 km macet parah. Merayap kaya keong yang terhalang batu besar, susah bergerak. Sebelumnya macet parah juga dari mulai keluar wilayah kab. Banyumas masuk wil. Kab. Brebes (jln raya Paguyangan) s.d. Bumiayu selama1,5 jam.

Posting Komentar