Kepadatan Arus Mudik Lebaran 2016

Arus Mudik Lebaran 2016
Arus Mudik Lebaran 2016

Terhitung mulai tanggal 1 Juli 2016, arus lalu lintas pemudik yang memasuki jalur Tol Cikampek Palimanan (Tol Cipali) terus meningkat. Tetapi walaupun begitu, arus lalu lintas masih terbilang lancar. Dari hasil pemantauan, jumlah kendaraan yang melintasi Tol Cipali semakin bertambah dari biasanya. Hal ini terlihat dari kepadatan kendaraan yang melintas di jalur Tol Cipali. Hal ini juga yang menyebabkan laju kendaraan agak sedikit lambat dari biasanya yang sering melaju dengan kencang.

Menurut Huda Aryanto, Wakil Dirut PT LMS (Lintas Marga Sedaya), volume kendaraan yang melintasi jalur Tol Cipali telah terjadi peningkatan sekitar tiga kali lipatnya, jika dibandingkan dengan kondisi normal hari-hari biasanya.

Penulis mencoba memantau keadaan Kepadatan Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran 2016 dari Jakarta sampai kota Satria Purwokerto pada hari Sabtu 2 Juli 2016 (H-4). Penulis mulai memasuki jalur Tol Jakarta Cikampek melalui pintu masuk tol Bekasi Barat. Sepanjang perjalanan menuju gerbang tol Bekasi Barat, arus lalu lintas masih terlihat normal. Begitu memasuki jalur Tol Jakarta Cikampek, penulis langsung dihadapkan dengan kenyataan bahwa ternyata di jalur tol menuju ke arah timur penuh oleh kendaraan yang didominasi oleh kendaraan kecil dan sedang. Arus lalu lintas padat merayap. Terkadang tersendat di beberapa titik.

Terjadi kemacetan sejak masuk pintu tol Bekasi Barat sampai Pintu Tol Cikarang Utama. Di Jalur ini terjadi penumpukan volume kendaraan, sehingga laju kendaraan melambat bahkan terkadang tidak beranjak untuk beberapa puluh menit. Setelah itu arus lalu lintas kembali lancar, bahkan bisa mencapai kecepatan 100 km/jam.

Beberapa kilometer sebelum pintu keluar tol Karawang Barat terjadi lagi penumpukan volume kendaraan, sehingga laju kendaraan kembali melambat bahkan tidak bergerak untuk beberapa saat. Setelah lewat pintu keluar tol Karawang Timur arus lalu lintas kembali lancar.
Memasuki jalur Tol Cikampek Palimanan (Tol Cipali) arus lalu lintas sangat lancar. Menjelang Rest Area KM 102 arus lalu lintas mulai tersendat. Kemudian penulis mampir di Rest Area KM 102. Di Rest Area KM 102 penulis susah mendapatkan tempat parkir kendaraan. Tempat parkir penuh. Sehingga dengan terpaksa penulis menunggu kendaraan yang keluar dari tempat parkir, baru kemudian bisa memarkirkan kendaraan.
Arus Mudik Lebaran di Gerbang Tol Palimanan 2016
Arus Mudik Lebaran di Gerbang Tol Palimanan Tahu 2016

Keluar dari Rest Area KM 102 arus kendaraan agak merayap tapi lancar. Sampai ke jalur Tol Palikanci  kendaraan  volume kendaraan semakin padat, tetapi arus lalu lintas lancar walaupun tidak bisa memacu kendaraan dengan cepat. Kemudian dari Tol Palikanci sampai pintu keluar tol Pejagan Brebes lalu lintas tetap lancar. Hanya waktu melewati tempat pembayaran tol agak tersendat.

Keluar dari tol penulis menuju SPBU terdekat ke arah kota Ketanggungan, dengan maksud mengisi bahan bakar. Tapi antrian sangat panjang. Perjalanan penulis teruskan ke arah selatan. Ternyata menjelang kota Ketanggungan terjadi kemacetan yang lumayan parah. Padahal lalu lintas hanya satu arah yaitu ke arah Prupuk. Entah kendaraan dari arah Prupuk diarahkan ke mana, mungkin ke arah Tegal. Kendaraan bergerak seperti keong. Perjalanan sampai ke timur kota Ketanggungan memakan waktu sekitar satu jam lebih. Setelah itu kendaraan bisa melaju dengan kencang.

Beberapa kilometer sebelum pasar Songgom, jarum jam menunjukkan pukul 5 sore, terjadi lagi kemacetan yang semakin parah. Kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. Sampai-sampai penulis berbuka puasa seadanya di titik itu. Sampai pertigaan Klonengan Prupuk jam menunjukkan pukul jam 8 malam. Ternyata kemacetan terus terjadi sampai di perbatasan kecamatan Tonjong Brebes. Di Jalur AjibarangPrupuk itu kemacetan terjadi di dua arah. Dari arah selatan pun terjadi kemacetan. Mungkin karena adanya jalur rel kereta api yang masih sebidang dengan jalur jalan raya. Dan penyebab lainnya karena frekuensi penutupan palang pintu kereta api yang lebih sering dari biasanya.
Arus Mudik Lebaran Tahun 2016
Arus Mudik Lebaran Tahun 2016

Dari hasil pemantauan dan pengalaman ini, dapat penulis simpulkan, kemacetan arus lalu lintas disebabkan oleh penumpukan volume kendaraan yang sangat cepat, dan masih adanya jalur rel kereta api yang sebidang dengan jalur jalan raya. Kemudian terjadi antrian panjang kendaraan yang antri di SPBU-SPBU yang memanjang sampai luar SPBU, hal ini bisa mengakibatkan pula kemacetan arus lalu lintas.

Itulah hasil pemantauan Kepadatan Arus Lalu Lintas Mudik Lebaran 2016. Mudah-mudahan pengalaman penulis ini ada manfaatnya untuk pembaca Blog Mang Namat semua.
Kepadatan Arus Mudik Lebaran 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugih Nugraha Mukti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar