Meriahnya Perayaan Imlek 2016 di Solo


perayaan-imlek-2016-solo
actual.com
Mau merayakan Tahun Baru Imlek di mana Anda pada Imlek tahun 2016 ini? Banyak pilihan untuk Anda, misalnya saja ikut merayakan Tahun Baru Imlek di kota Solo. Banyak sekali acara yang digelar di kota ini. Karena warga kota Solo biasanya selalu membuat sambutan yang meriah untuk Tahun Baru Imlek.

 Menurut rencana, pada tahun ini kota Solo akan dihiasi dengan 3000 lampion, neon box 12 shio, dan lampion Dewa Rezeki di koridor jalan Jenderal Sudirman Solo. Kemudain juga akan dipasang ribuan lampion dan pernak pernik imlek lainnya di sekitar Pasar Gede.

Perayaan-Imlek-2016-di-Solo
eventsolo.com
Perayaan Imlek 2016 di Solo
tapakasmo.com

Grebeg Sudiro

Acara Imlek akan diawali dengan perayaan Grebeg Sudiro pada tanggal 31 Januari 2016, yang merupakan perayaan perpaduan antara masyarakat Jawa dan Tionghoa. Dan akan diakhiri dengan acara Festival Imlek Solo tanggal 6 Februari 2016.

Pada acara Grebeg Sudiro akan diarak gunungan yang tersusun dari ribuan kue keranjang seberat 1 ton, di sekitar kawasan Sudiroprajan. Arak-arakan ini dimeriahkan pula oleh kesenian Jawa dan Tionghoa, seperti barongsai, tarian, pakaian kerajaan dan sebagainya. Arak-arakan ini akan berakhir di depan klenteng Tien Kok Sie yang terletak persis di depan Pasar Gede Solo. Pada perayaan Imlek tahun 2016 ini diarak 2 gunungan, yang pertama gunungan berbentuk bangunan Pasar Gede dan yang kedua berbentuk bangunan klenteng Tien Kok Sie.
Perayaan Imlek 2016 di Solo
news.liputan6.com

Ritual Pao Oen

Tepat di hari Imlek, umat Tri Dharma akan mengadakan ritual pelepasan 888 ekor burung pipit ke alam bebas dan pelepasan 888 lele ke sungai Bengawan Solo. Ritual itu disebut dengan nama ritual Pao Oen yang artinya permohonan ampun kepada Tuhan. Mengapa dipilih angka 888? Karena orang Tionghoa percaya bahwa bisa membawa berkah untuk kehidupan kelak.
 
warta.co
Itulah keseruan dan kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2016 di kota Solo. Maukah Anda ke sana? Atau memang Anda mau pulang kampung ke kota Solo. Selamat berjumpa lagi nanti di postingan berikut. Terima kasih.
Meriahnya Perayaan Imlek 2016 di Solo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugih Nugraha Mukti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar