Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016

Bagaimana kabarnya sobat pembaca Blog Mang Namat? Alhamdulillah kita bisa bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan. Bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Hari pertama puasa jatuh pada tanggal 6 Juni 2016. Selama menjalankan ibadah puasa, tentunya kita memerlukan Jadwal Imsakiyah Ramadhan. Mengetahui Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016 pada bulan Puasa Ramadhan ini adalah sangat penting bagi setiap kaum muslim yang ingin mengerjakan puasa ramadhan di tahun ini. Ini diperlukan untuk mengetahui jadwal sholat lima waktu, dan yang paling diperlukan saat menjalankan ibadah puasa adalah jadwal imsak dan jadwal sholat maghrib untuk berbuka puasa. Jangan sampai puasa kita batal, karena telah lewat imsak kita masih makan atau minum.

Arti kata Imsakiyah secara khusus maksudnya adalah waktu mulai menahan sebelum terbitnya fajar (masuknya waktu subuh) sampai terbenamnya matahari, bagi orang yang sedang melakukan ibadah puasa. Jadwal Imsakiyah adalah jadwal yang menerangkan tentang batas-batas waktu puasa dimana orang yang berpuasa harus mulai menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasanya sampai waktu berbuka di bulan ramadhan ini. Dalam Jadwal Imsakiyah biasanya juga disertakan jadwal waktu shalat, dan syuruq (waktu matahari terbit).Dengan Jadwal Imsakiyah ini diharapkan kita akan bisa mengetahui secara pasti kapan harus sahur dan jam berapa waktu berbuka puasa. Ada banyak pihak yang menetapkan Jadwal Imsakiyah, diantaranya adalah Kemenag / Depag (Departemen Agama), Rukyatul Hilal Indonesia, MUI, Muhammadiyah, Lajnah Falakiyah dll.

Berikut ini adalah beberapa Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan Tahun 2016 / 1437 H Untuk Seluruh Wilayah Indonesia.





Keterangan:
Sobat pembaca bisa mengetahui Jadwal Imsakiyah 2016 Seluruh Wilayah Indonesia dengan memilih kota atau kabupaten sesuai wilayah sobat sekarang seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan sebagainya. Dengan mengubah nama kota di jadwal imsak di atas maka secara otomatis jam tersebut akan berubah sesuai kota yang sobat pilih. Perlu diingat, sistem penanggalan pada aplikasi di atas adalah berdasarkan kalender Masehi, tidak berdasarkan kalender Hijriyah. Jadi mohon sobat teliti dengan baik.

Jika sobat ingin mengunduh Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016 sesuai wilayah sobat, silakan klik link berikut ini:

  1. Wilayah Jakarta dan sekitarnya
  2. Wilayah Bandung dan sekitarnya
  3. Wilayah Semarang dan sekitarnya
  4. Wilayah Yogyakarta dan sekitarnya
  5. Wilayah Surabaya dan sekitarnya
  6. Wilayah Denpasar dan sekitarnya
  7. Wilayah Mataram dan sekitarnya
  8. Wilayah Makasar dan sekitarnya
  9. Wilayah Ambon dan sekitarnya
  10. Wilayah Banda Aceh dan sekitarnya
  11. Wilayah Medan dan sekitarnya
  12. Wilayah Padang dan sekitarnya
  13. Wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya 
  14. Wilayah Pontianak dan sekitarnya
  15. Wilayah Banjarmasin dan sekitarnya 


 Salah satu contoh Jadwal Imsakiyah Ramadhan Tahun 2016 untuk Wilayah Bandung dan sekitarnya.


Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016 untuk Wilayah Bandung dan sekitarnya
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016 untuk Wilayah Bandung dan sekitarnya


Demikian Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016 Seluruh Wilayah Indonesia yang bisa kami berikan untuk Anda, Semoga bermanfaat. Aamiin.
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sugih Nugraha Mukti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar